Rabu, 02 Mei 2018

RPP TUMBUHAN PAKU

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan       : Sekolah Menengah Atas (SMA)
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/ Semester           : X/ II
MateriPelajaran           : Plantae
Sub Topik                    :Tumbuhan Paku
AlokasiWaktu             : 1 x 40 Menit
Pertemuan                   : 1 x Pertemuan
A.    KompetensiInti
A.    KompetensiInti
KI 1
Menghayatidanmengamalkanajaran agama yang dianutnya.
KI 2
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cermin bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
Memahamidanmenerapkanpengetahuanfaktual, konseptual, proseduralberdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait  fenomenadankejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural  pada bidangkajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B.     KompetensiDasar
B.     KompetensiDasar
KD 1.1

Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem dan lingkungan hidup.
KD 2.1

Berprilaku ilmiah : teliti, tekun, Jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerja sama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan didalam kelas / laboratorium maupun diluar kelas / laboratorium.
KD 3.7


Menerapkan prinsip klasifikasi untuk mengolongkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan pengamatan morfologi dan mategenesis tumbuhan serta mengaitkan peranannya dalam kelangsungan kehidupan di bumi.
KD 4.7

Menyajikan data tentang morfologi dan peran tumbuhan pada berbagai aspek kehidupan dalam bentuk laporan tertulis

C.    Indikator Pencapaian Dan Tujuan Pembelajaran
IndikatorPencapaianKompetensi
TujuanPembelajaran
1.    Siswa mampu melihat kebesaran Allah melalui lingkungan hidup  di bumi.
1.Melalui ini Siswa mampumemahami kebesaran Allah tentang lingkungan hidup.
2.    Siswa mampu melaksanakan diskusi secara bertanggung jawab dan bekerja sama.
1.    Melalui ini siswa mampu melaksanakan diskusi secara bertanggung jawab dan bekerja sama.
3.    Siswa mampu pengelompokkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan pengamatan morfologi dan mategenesis tumbuhan
1.    Melalui ini siswa mampu menyebutkan 4 ciri-ciri tumbuhan paku melalui media langsung.
2.    Melalui ini siswa mampu menjelaskan struktur tubuh tumbuhan paku melalui media lamgsung.
3.    Melalui ini siswa mampuenyebutkan contoh tumbuhan paku melalui media langsung.
4.    Siswa mampu menyajikan data hasil pengamatan tentang morfologi tumbuhan paku melalui laporan tertulis.

4.    Melalui ini siswa mampu menyajikan data tentang morfologi tumbuhan paku melalui laporan tertulis.
                       
D.    MateriPelajaran
1.      Fakta  :
Tumbuhan paku merupakan tumbuhan yang telah memiliki  kormus atau tumbuhan yang sudah mempunyai akar, batang, dan daun sejati, juga telah memiliki jaringan pengangkut xilem dan floem yang terdapat pada daun, batang, dan akarnya.
2.      Konsep : 
Struktur Tubuh Tumbuhan Paku.


Struktur  tubuh tumbuhan Paku
Tumbuhan paku memiliki struktur yaitu
Akar : paku memiliki akar serabut.
Batang : batang paku tidak tampak karena terdapat didalam tanah berupa rimpang.mungkin menjalar  atau sedikit tegak.
  Daun : paku memiliki daun yaitu daun yang berukuran kecil (mikrofil) , daun berukuran besar (makrofil). Daun tumbuhan paku menghasilkan spora disebut sporofildan yang tidak menghaasilkan spora disebut tropofil.

Tumbuhan paku dapat diklasifikasikan menjadi empat kelompok,Yaitu Psilophytinae (paku purba), Lycopodinae (paku rambut), Equisetinae (paku ekor kuda).
A.    Psilophytinae (Paku Purba)


Psilotum
Anggota paku purba merupakan paku telanjang (tidak daun) atau memiliki daun kecil-kecil (mikrofil) yang belum terdeferensiasi. Ada sebagian yang belum memiliki akar, bercabang menggarpu dengan sporangium pada ujung batang dan bersifat homospor.
B.     Lycopodinae (Paku Rambut)


Lycopodium
Jenis tumbuhan paku ini daunnya kecil-kecil, tidak bertangkai, dan bertulang satu. Daun ada yang berbentuk seperti jarum dan tersusun rapat menurut garis spiral serta tidak mengandung klorofil sehingga tidak dapat berfotosintesis. Makanan diperoleh dari jamur yang bersimbiosis dengannya.


C.     Filicinae  (Paku Sejati)
   

Adiantum                                 
Tumbuhan paku sejati juga disebut dengan tumbuhan paku benar.Tumbuhan paku ini merupakan kelompok tumbuhan paku yang sering kita jumpai karena sering dijadikan tanaman hias, seperti suplir       (Adiantum cuneatum), simbar menjangan (Platycerium coronatium), dan paku sarang burung (Asplenium nidus).

E.     Alokasi Waktu
BebanBelajar
Waktu
Bentuk Kegiatan/Tugas
TM (Tatap Muka)
40  menit
Melakukan proses belajar mengajar menggunakan Model Group Investigation (GI).
PT  (Penugasan Terstruktur)
20 menit
Mengerjakan soal latihan diluar jam pelajaran.
KMTT (Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur)
20 menit
Siswa diarahkan membaca materi selanjutnya di rumah.
F.     F. Strategi Pembelajaran
1.      Pendekatan              : Saintifik
2.      Model Pembelajaran: GI (Group Investigation) 
G.     Media Pembelajaran
1.      Langsung.
2.      Buku pelajaran.
3.      Lembar Diskusi Siswa (LDS)
H.    KegiatanPembelajaran
Tahapan

Sintak model pembelajaran
Kegiatan
Alokasiwaktu
Pendahuluan













Apersepsi





Motivasi



Tujuan pembelajaran
1.      Guru masuk dan mengucapkan salam
2.      Siswa disuruh berdo’a
3.      Guru mengecek kehadiran siswa.
4.      Apersepsi
Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan“ apakah  ananda semua pernah melihat tumbuhan paku?”.
5.      Motivasi
Guru memancing siswa dengan menanyakan lagi“ jika ananda sudah pernah melihat tumbuhan paku,bagaimana dengan ciri-ciri tumbuhan paku tersebut? “
6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5 menit
Inti




Mengidentifikasi topic dan mengatur siswa kedalam kelompok















Merencanakan tugas yang akan dipelajari











Melaksanakan investigasi











Menyiapkan laporan akhir





Mempresentasikan laporan akhir





Evaluasi


1.    Guru membagi siswa ke dalam 5 kelompok secara heterogen, yang beranggotakan 5 orang perkelompok.
2.    Guru menyuruh siswa untuk duduk dalam kelompok yang telah ditentukan.
3.    Guru menulis sub-sub topik yang akan dipelajari dipapan tulis.
·         Ciri-ciri tumbuhan paku
·         Struktur tumbuhan paku
·         Contoh  tumbuhan paku
4.    Guru membagi sub topic kepada masing-masing kelompok yang akan dipelajari.
5.    Guru membagikan Lembar Diskusi Siswa (LDS), dan fotocopy buku tentang tumbuhan pakupadasiswa.
6.    Guru menugaskan kepada siswa untuk menemukan permasalahan yang terdapatpada sub topik yang dipilih dari dalam LDS(mengamati).
7.    Guru menyuruh siswa untuk merumuskan dan menuliskan pertanyaan tentang materi yang ada didalam LDS sesuai materi dipelajari dalam kelompok (menanya).
8.    Guru menugaskan kepada siswa untuk mengumpulkan informasi dari permasalahan yang ditemukan pada sub topik yang di dapat (mengumpulkan informasi).
9.    Siswa berdiskusi dengan kelompoknya masing-masing untuk membahas tentang sub topik yang diberikan (mengasosiasi).
10.           Guru membimbing siswa sebagai fasilitator dalam berdiskusi.
11.  Guru menyuruh siswa untuk membuat laporan akhir dari investigasi dan pembahasan diskusi kelompok dalam bentuk laporan.
12.  Guru menyuruh masing-masing kelompok untuk menampilkan hasil diskusi dari kelompoknya (mengkomunikasikan).
13.  Guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok yang tampil.
14.  Siswa memberikan umpan balik saat adanya pertanyaan dari kelompok yang tidak tampil saat presentasi.
20 menit
Penutup/ akhir






1.      Guru memberikan penegasan atas jawaban yang diberikan siswa.
2.      Guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan materi pelajaran pada hari itu tentang ciri-ciri, struktur dan contoh  tumbuhan paku.
3.      Guru menugasi siswa untuk mengumpulkan hasil diskusi.
4.      Guru memberikan kuis kepada siswa.
5.      Guru menugasi siswa untuk membuat tugas rumah berupa laporan tentang ciri-ciri, struktur dan contoh dari tumbuhan paku.
6.      Guru memberikan reward kepada kelompok yang menjawab dengan benar.
7.      Guru menyampaikan dan menyuruh siswa untuk membaca materi selanjutnya terlebih dahulu dirumah.
8.      Guru mengakhiri pembelajaran pada hari itu.
9.      Guru mengucapkan salam.
5 menit

I.       Sumber Belajar
1.         Buku BIOLOGI untuk SMA kelas X.
2.         Internet.
3.         Sumber-sumber lainnya.











A.  Penilaian
1.Kognitif Soal
1.      Pilih lah jawaban yang benar dari pernyataan dibawah ini.
2.      Isilah dengan menggunakan huruf  B jika (BENAR) dan S jika (SALAH).
No
Soal
Jawaban
1.
Georgia pelucida merupakan contoh dari tumbuhan  paku.
S
 

2.
Tumbuhan paku Memiliki akar serabu,daun menggulung merupakan ciri –ciri dari tumbuhan paku.
B
 
3.
paku homosprora,paku heterospora, paku peralihan tidak termasuk macam-macam paku berdasarkan spora.
S
 
4.
Tumbuhan paku Memiliki akar serabu,daun menggulung merupakan ciri –ciri dari tumbuhan paku.
B
 
5.
Sphenophyta (paku kawat) tumbuhan ini berdaun kecil,batang seperti kawat.
S
 











Soal Latihan.
a. Teknik Penilaian: Tes tertulis
            b. Bentuk Instrumen: Uraian / Essay  (Sesuai dengan tujuan)

No
Soal
Jawaban

Bobot
1.
Sebutkan 4 ciri-ciri tumbuhan paku.
Ciri-ciri tumbuhan paku.
1.      Tumbuhan paku memiliki ciri-ciri yaitu Memiliki akar serabut.
2.      Daun menggulung
3.      Mikrofil berbentuk rambut, tidak bertangkai.
4.      Memiliki klorofil sehingga cara hidupnya fotoautotrof.
C1
20
2.
Sebutkan 3 contoh-contoh dari tumbuhan paku
Contoh dari tumbuhan paku yaitu Lycopodium clavatu, Alsophlia glauca, Platycerium nidus.
C1
15
3.
Jelaskan yang dimaksud dengan sporofil dan tropofil
Tropofil merupakan daun yang berfungsi khusus asimilasi/fotosintesis
Sporofil merupakan daun yang yang berfungsi untuk menghasilkan spora.daun ini juga dapat melakukan fotosintesis sehingga disebut troposporofil.
C2
25
4
Jelaskan struktur dari tumbuhan paku.
Tumbuhan paku memiliki struktur yaitu
Akar : paku memiliki akar serabut.
Batang : batang paku tidak tampak karena terdapat didalam tanah berupa rimpang.mungkin menjalar  atau sedikit tegak.
Daun : paku memiliki daun yaitu daun yang berukuran kecil (mikrofil) , daun berukuran besar (makrofil). Daun tumbuhan paku menghasilkan spora disebut sporofildan yang tidak menghaasilkan spora disebut tropofil.
C2

25
5.
Sebutkan 3 golongan tumbuhan paku berdasarkan macam sporanya
a.       paku homosprora
b.      paku heterospora
c.       paku peralihan.
C1
15

    

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     2. Afektif
LEMBAR OBSERVASI
            Mata Pelajaran   :Biologi
            Kelas/ Semester : X / II
            Sekolah              : SMA Negeri12 Padang
Petunjuk : Lembaran observasi ini diisi oleh guru untuk menilai sikap siswa.
Berilah penilaian/skor berdasarkan rubric penilaian sesuai sikap peserta didik tersebut.

NO
ASPEK
SKOR
1
Bertanggung Jawab
4 : Anggota kelompok bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan,  mengerjakan tugas dan terlibat dalam diskusi.
3: Anggota kelompok bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan, mengerjakan tugas dan tidak terlibat dalam diskusi.
2: Anggota kelompok yang bertanggung jawab terhadap tugas, tetapi tidak mengerjakan tugas dan tidak terlibat dalam diskusi
1: Anggota kelompok tidak bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan dan tidak mengerjakan tugas
2
Disiplin
4: Datang tepat waktu,melaksanakan diskusi dan mengumpulkan laporan sesuai dengan yang diperintahkan guru..
3: Datang tepat waktu,melaksanakan diskusi dan tidak mengumpulkan laporan sesuai dengan yang diperintahkan guru..
2: Datang tepat waktu, tidak melaksankan diskusi dan tidak mengumpulkan laporan sesuai dengan yang diperintahkan guru..
1: Datang tidak tepat waktu, tidak melaksankan diskusi dan tidak mengumpulkan laporan sesuai dengan yang diperintahkan guru..

1.      Skala skor 1-4 sesuai dengan sikap perilaku yang ditampilkan

No.

NamaSiswa

Aspek yang dinilai

Skor
Bertanggung Jawab
Disiplin
1
2
3
4
1
2
3
4
1
NiaLionita Sari









2
Aditya









3
Ayuni mardiyana









4
Novita Sari









5
Elsa Feronika









6
Evelin









7
Hardianti









8
Mutia Wulandari









9
Neelam Pricellya L









10
Yusli Zarni









11
Zani Atrisa









12
Ramadhan Saputra









13
Reni Mustika









14
LusiDiamanda









15
Rika Ardiana









16
Sartika Sri Rezeki









17
Riffa Rahyu Nengsih









18
Willy febry









19
Annisa Putri









20
Elfis Wahyuni









21
Anisa putri









22
Nur yanti























3.Psikomotor (hasil laporan)
Rumusan tugas membuat laporan :
1.      Lakukanlah  pengamatan mengenai tumbuhan paku meliputi ciri-ciri,struktur dan contoh tumbuhan paku.
2.      Tugas dikumpulkan pada saat pertemuan selanjutnya
3.      Hasil pengamatan dibuat dalam bentuk laporan.
4.      Laporan dibuat di kertas double folio dengan mencantumkan nama, kelompok kelas, dan topik.
5.      Laporan dibuat perindiviu.
Rubrik Penilaian
NO
Aspek
Rubrik Penilaian
1
Kelengakapan Isi Laporan
4:Jika didalam laporan mencantumkan ( nama, kelompok kelas, dan topik),  isi laporan ditulis secara sistematis (topik pembahasan ditulis dengan cara berurutan), isi laporan sesuai dengan tujuan pembelajaran, dan laporan mencantumkan literatur terkait.
3:Jika didalam laporan mencantumkan ( nama, kelompok kelas, dan topik),  isi laporan ditulis secara sistematis (topik pembahasan ditulis dengan cara berurutan), isi laporan sesuai dengan tujuan pembelajaran, tetapi laporan tidak mencantumkan literatur terkait.
2:Jika didalam laporan mencantumkan ( nama, kelompok kelas, dan topik),  isi laporan ditulis secara sistematis (topik pembahasan ditulis dengan cara berurutan), tetapi isi laporan sesuai dengan tujuan pembelajaran, dan  laporan tidak mencantumkan literatur terkait.
1:Jika didalam laporan mencantumkan ( nama, kelompok, kelas, dan topik), tetapi  isi laporan tidak ditulis secara sistematis (topik pembahasan ditulis dengan cara berurutan), isi laporan tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran, dan  laporan tidak mencantumkan literatur terkait.
2
Kerapian dan Kebersihan Laporan.
4: Rapi, dapat dibaca, jelas dan tidak ada coretan.
3: Rapi,dapat dibaca, jelas  dan  ada coretan

2: Rapi, dapat dibaca , tidak jelas dan ada coretan.

1: Tidak rapi, tidak dapat dibaca dan ada coretan.




Lembaran penilaian


No.


Nama Siswa
Aspek yang dinilai

Skor
Kelengkapan isi Laporan
Kerapian dan Kebersihan Laporan
1
2
3
4
1
2
3
4

1
Nia Lionita Sari









2
Aditya









3
Ayuni mardiyana









4
Novita Sari









5
Elsa Feronika









6
Evelin









7
Hardianti









8
Mutia Wulandari









9
Neelam Pricellya L









10
Zani Atrisa









11
Willy Febry









12
Ramadhan Saputra









13
Reni Mustika









14
LusiDiamanda









15
Rika Ardiana









16
Sartika Sri Rezeki









17
Riffa Rahyu Nengsih









18
Yusli Zarni









19
Annisa Putri









20
Elfis Wahyuni









21
Nur yanti 









22
Anisa putri







































Penskoran Nilai : Total skor yang diperoleh X 100%
                                    Total Skor Maksimal

LAPORAN
PREDIKAT
RENTANG NILAI
SangatBaik (A)
86-100
Baik (B)
71-85
Cukup (C)
51-65
Kurang (D)
≤50
                                                                                   
Mengetahui                                                                             Padang,  April 2018
Kepala SMA 12 Padang                                                         Guru Mata Pelajaran

( Drs. Muhammad isya)                                                          (Yesi Nia Safarani Y)
                                                                       


21 komentar:

  1. Bagaimana struktur tumbuhan paku buk?
    -RIFARA SUCI YULIKA

    BalasHapus
  2. buk mau nanya, kenapa paku memiliki spora dan apa fungsi dari sporaa pada paku tersebut ?

    BalasHapus
  3. Bu safa, soleha mau bertanya. Apa saja yang membedakan antara struktur 3 jenis tumbuhan paku yaitu, paku sejati, paku rambut dan paku purba?

    BalasHapus
  4. buk, bagaimana perkembangbiakkan pada paku?

    BalasHapus
  5. bagaimana cara menentukan spora pada tumbuhan paku buk

    BalasHapus
  6. habitat tumbuhan paku dmana saja buk

    BalasHapus
  7. Atas dasar apa tumbuhan paku diklasifikasikan menjadi 4 kelompok buk?

    BalasHapus
  8. Buk mau tanya buk , kenapa tumbuhan paku digolongkan ke tumbuhan tingkat rendah buk?

    BalasHapus
  9. Buk mau tanya, apa yg membedakan tumbuhan paku dengan tumbuhan lainnya??

    BalasHapus
  10. Buk..mau nanya buk..apa kelebihan tumbuhan paku buk??

    BalasHapus
  11. Buk cantik saya ingin bertanya
    Bagaimana kita dapat membedakan tumbuhan paku yang bisa dikonsumsi untuk membuat masakan dengan yang tidak bisa kita konsumsi tersebut buk

    BalasHapus
  12. Buk cantik saya ingin bertanya
    Bagaimana kita dapat membedakan tumbuhan paku yang bisa dikonsumsi untuk membuat masakan dengan yang tidak bisa kita konsumsi tersebut buk

    BalasHapus
  13. buk, apa perbedaan dari masing-masing kelompok tumbuhan paku tersebut buk?
    -Nila Silvia

    BalasHapus
  14. buk mau tanya buk, kan pada paku purba itu ada sebagian yg belum memiliki akar, apa saja contoh jenis dari paku purba yg belum memiliki akar buk ? -Reni Mustika

    BalasHapus
  15. Baik, sintaks ibu. Baik sekali

    BalasHapus
  16. Dimateri ibu terdapat paku yg berspora dan tidak berspora, bagaimana cara perkembangbiakkan paku yg tidak berspora tersebut buk?

    BalasHapus
  17. berapa macam cara paku untuk melakukan reproduksi paku

    BalasHapus
  18. Buk, bagaimana cara filicinae (paku sejati) memperoleh makanan nya?

    BalasHapus
  19. Buk, ananda mau bertanya buk berapa macam cara paku untuk melakukan reproduksi paku buk?

    BalasHapus
  20. Buk..apa yang membedakan tumbuhan paku yang bisa dimakan sama yang tidak buk??

    BalasHapus
  21. Buk zahria mau nanya gmna cara paku berkembangbiak buk?

    BalasHapus