RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan :
Sekolah Menengah Atas
(SMA)
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester :
X/ II
MateriPelajaran
: Plantae
Sub Topik
:Tumbuhan Paku
AlokasiWaktu : 1 x 40 Menit
Pertemuan
: 1 x Pertemuan
A.
KompetensiInti
A. KompetensiInti
|
|
KI
1
|
Menghayatidanmengamalkanajaran
agama yang dianutnya.
|
KI
2
|
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cermin bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
Memahamidanmenerapkanpengetahuanfaktual, konseptual, proseduralberdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmupengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomenadankejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidangkajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B.
KompetensiDasar
B. KompetensiDasar
|
|
KD 1.1
|
Mengagumi keteraturan
dan kompleksitas ciptaan tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem dan
lingkungan hidup.
|
KD 2.1
|
Berprilaku ilmiah :
teliti, tekun, Jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan
peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan
pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerja
sama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan
proaktif dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan
didalam kelas / laboratorium maupun diluar kelas / laboratorium.
|
KD 3.7
|
Menerapkan prinsip
klasifikasi untuk mengolongkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan
pengamatan morfologi dan mategenesis tumbuhan serta mengaitkan peranannya
dalam kelangsungan kehidupan di bumi.
|
KD 4.7
|
Menyajikan data tentang morfologi dan peran tumbuhan pada berbagai
aspek kehidupan dalam bentuk laporan tertulis
|
C.
Indikator
Pencapaian Dan Tujuan Pembelajaran
IndikatorPencapaianKompetensi
|
TujuanPembelajaran
|
1.
Siswa mampu melihat kebesaran Allah melalui lingkungan hidup di bumi.
|
1.Melalui ini Siswa mampumemahami kebesaran Allah
tentang lingkungan hidup.
|
2.
Siswa mampu melaksanakan diskusi secara bertanggung jawab dan bekerja
sama.
|
1.
Melalui ini siswa mampu melaksanakan diskusi secara bertanggung jawab dan
bekerja sama.
|
3.
Siswa
mampu pengelompokkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan pengamatan
morfologi dan mategenesis tumbuhan
|
1.
Melalui ini siswa mampu menyebutkan 4 ciri-ciri tumbuhan paku melalui
media langsung.
2.
Melalui ini siswa mampu menjelaskan struktur tubuh tumbuhan paku melalui media lamgsung.
3.
Melalui ini siswa mampuenyebutkan contoh tumbuhan paku melalui media langsung.
|
4. Siswa mampu menyajikan data hasil pengamatan tentang morfologi tumbuhan
paku melalui laporan tertulis.
|
4.
Melalui ini siswa mampu menyajikan data tentang morfologi tumbuhan paku
melalui laporan tertulis.
|
D.
MateriPelajaran
1. Fakta :
Tumbuhan paku merupakan tumbuhan yang telah memiliki kormus atau tumbuhan yang sudah mempunyai
akar, batang, dan daun sejati, juga telah memiliki jaringan pengangkut xilem
dan floem yang terdapat pada daun, batang, dan akarnya.
2. Konsep
:
Struktur
Tubuh Tumbuhan Paku.
Struktur tubuh tumbuhan Paku
Tumbuhan
paku memiliki struktur yaitu
Akar
: paku memiliki akar serabut.
Batang
: batang paku tidak tampak karena terdapat didalam tanah berupa rimpang.mungkin
menjalar atau sedikit tegak.
Daun
: paku memiliki daun yaitu daun yang berukuran kecil (mikrofil) , daun
berukuran besar (makrofil). Daun tumbuhan paku menghasilkan spora disebut
sporofildan yang tidak menghaasilkan spora disebut tropofil.
Tumbuhan paku dapat diklasifikasikan menjadi empat
kelompok,Yaitu Psilophytinae (paku purba), Lycopodinae (paku rambut),
Equisetinae (paku ekor kuda).
A.
Psilophytinae (Paku Purba)
Psilotum
Anggota paku purba merupakan paku telanjang
(tidak daun) atau memiliki daun kecil-kecil (mikrofil) yang belum
terdeferensiasi. Ada sebagian yang belum memiliki akar, bercabang menggarpu
dengan sporangium pada ujung batang dan bersifat homospor.
B. Lycopodinae (Paku Rambut)
Lycopodium
Jenis tumbuhan paku ini daunnya kecil-kecil,
tidak bertangkai, dan bertulang satu. Daun ada yang berbentuk seperti jarum dan
tersusun rapat menurut garis spiral serta tidak mengandung klorofil sehingga
tidak dapat berfotosintesis. Makanan diperoleh dari jamur yang bersimbiosis
dengannya.
C.
Filicinae (Paku Sejati)
Adiantum
Tumbuhan paku sejati juga disebut dengan
tumbuhan paku benar.Tumbuhan paku ini merupakan kelompok tumbuhan paku yang
sering kita jumpai karena sering dijadikan tanaman hias, seperti suplir (Adiantum
cuneatum), simbar menjangan (Platycerium
coronatium), dan paku sarang burung (Asplenium
nidus).
E. Alokasi
Waktu
BebanBelajar
|
Waktu
|
Bentuk Kegiatan/Tugas
|
TM (Tatap Muka)
|
40 menit
|
Melakukan proses belajar mengajar
menggunakan Model Group Investigation (GI).
|
PT (Penugasan Terstruktur)
|
20 menit
|
Mengerjakan soal latihan diluar jam pelajaran.
|
KMTT (Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur)
|
20 menit
|
Siswa diarahkan membaca materi selanjutnya
di rumah.
|
F. F. Strategi Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model
Pembelajaran: GI (Group Investigation)
G.
Media Pembelajaran
1. Langsung.
2. Buku pelajaran.
3. Lembar Diskusi Siswa (LDS)
H. KegiatanPembelajaran
Tahapan
|
Sintak model pembelajaran
|
Kegiatan
|
Alokasiwaktu
|
Pendahuluan
|
Apersepsi
Motivasi
Tujuan pembelajaran
|
1. Guru
masuk dan mengucapkan salam
2. Siswa disuruh berdo’a
3. Guru
mengecek kehadiran siswa.
4. Apersepsi
Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan“
apakah ananda semua pernah melihat tumbuhan paku?”.
5. Motivasi
Guru memancing siswa dengan menanyakan lagi“ jika ananda sudah pernah melihat tumbuhan paku,bagaimana
dengan ciri-ciri tumbuhan paku tersebut? “
6. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
5 menit
|
Inti
|
Mengidentifikasi topic dan mengatur siswa kedalam kelompok
Merencanakan tugas yang akan dipelajari
Melaksanakan investigasi
Menyiapkan laporan akhir
Mempresentasikan laporan akhir
Evaluasi
|
1. Guru
membagi siswa ke dalam 5 kelompok secara heterogen,
yang beranggotakan 5 orang perkelompok.
2. Guru
menyuruh siswa untuk duduk dalam kelompok
yang telah ditentukan.
3. Guru
menulis sub-sub topik yang akan dipelajari
dipapan tulis.
·
Ciri-ciri tumbuhan paku
·
Struktur tumbuhan paku
·
Contoh tumbuhan paku
4. Guru
membagi sub topic kepada masing-masing kelompok yang akan dipelajari.
5. Guru
membagikan Lembar Diskusi
Siswa (LDS), dan fotocopy buku tentang tumbuhan pakupadasiswa.
6. Guru
menugaskan kepada siswa untuk menemukan permasalahan yang terdapatpada sub
topik yang dipilih dari dalam LDS(mengamati).
7. Guru
menyuruh siswa untuk merumuskan dan menuliskan pertanyaan tentang materi
yang ada didalam LDS sesuai materi dipelajari dalam kelompok (menanya).
8. Guru
menugaskan kepada siswa untuk mengumpulkan informasi dari permasalahan
yang ditemukan pada
sub topik yang di dapat (mengumpulkan informasi).
9. Siswa berdiskusi dengan kelompoknya masing-masing untuk membahas tentang sub topik yang diberikan (mengasosiasi).
10.
Guru membimbing siswa sebagai fasilitator dalam berdiskusi.
11.
Guru menyuruh siswa untuk membuat laporan akhir dari investigasi dan pembahasan diskusi kelompok dalam bentuk laporan.
12.
Guru menyuruh masing-masing kelompok untuk menampilkan hasil diskusi dari kelompoknya (mengkomunikasikan).
13.
Guru memberikan kesempatan kepada kelompok
lain menanggapi hasil diskusi kelompok
yang tampil.
14.
Siswa memberikan umpan balik saat adanya pertanyaan dari kelompok
yang tidak tampil saat presentasi.
|
20 menit
|
Penutup/
akhir
|
|
1. Guru memberikan penegasan atas jawaban yang diberikan
siswa.
2. Guru
bersama-sama dengan siswa menyimpulkan materi pelajaran pada hari itu tentang ciri-ciri, struktur dan contoh tumbuhan paku.
3. Guru menugasi siswa untuk mengumpulkan hasil diskusi.
4. Guru memberikan kuis kepada siswa.
5. Guru
menugasi siswa untuk membuat tugas rumah berupa laporan tentang ciri-ciri, struktur dan contoh dari tumbuhan paku.
6. Guru memberikan reward kepada kelompok yang menjawab
dengan benar.
8. Guru mengakhiri pembelajaran pada hari itu.
9. Guru
mengucapkan salam.
|
5 menit
|
I.
Sumber Belajar
1.
Buku BIOLOGI untuk SMA kelas X.
2.
Internet.
3.
Sumber-sumber lainnya.
A. Penilaian
1.Kognitif Soal
1.
Pilih
lah jawaban yang benar dari pernyataan dibawah ini.
2.
Isilah
dengan menggunakan huruf B jika (BENAR)
dan S jika (SALAH).
No
|
Soal
|
Jawaban
|
||
1.
|
Georgia pelucida merupakan contoh dari tumbuhan paku.
|
|
||
2.
|
Tumbuhan paku Memiliki akar serabu,daun menggulung
merupakan ciri –ciri dari tumbuhan paku.
|
|
||
3.
|
paku homosprora,paku
heterospora, paku peralihan tidak termasuk macam-macam paku berdasarkan
spora.
|
|
||
4.
|
Tumbuhan paku Memiliki akar serabu,daun menggulung
merupakan ciri –ciri dari tumbuhan paku.
|
|
||
5.
|
Sphenophyta (paku kawat) tumbuhan ini berdaun kecil,batang seperti kawat.
|
|
||
|
Soal Latihan.
a.
Teknik Penilaian: Tes tertulis
b. Bentuk Instrumen:
Uraian / Essay (Sesuai dengan tujuan)
No
|
Soal
|
Jawaban
|
|
Bobot
|
1.
|
Sebutkan 4 ciri-ciri tumbuhan paku.
|
Ciri-ciri
tumbuhan paku.
1.
Tumbuhan paku memiliki ciri-ciri yaitu Memiliki akar serabut.
2.
Daun menggulung
3.
Mikrofil berbentuk rambut, tidak bertangkai.
4.
Memiliki klorofil sehingga cara hidupnya fotoautotrof.
|
C1
|
20
|
2.
|
Sebutkan 3 contoh-contoh dari tumbuhan paku
|
Contoh dari tumbuhan paku yaitu Lycopodium
clavatu, Alsophlia glauca, Platycerium nidus.
|
C1
|
15
|
3.
|
Jelaskan yang dimaksud dengan sporofil dan
tropofil
|
Tropofil
merupakan daun yang berfungsi khusus asimilasi/fotosintesis
Sporofil
merupakan daun yang yang berfungsi untuk menghasilkan spora.daun ini juga
dapat melakukan fotosintesis sehingga disebut troposporofil.
|
C2
|
25
|
4
|
Jelaskan struktur dari
tumbuhan paku.
|
Tumbuhan
paku memiliki struktur yaitu
Akar : paku
memiliki akar serabut.
Batang : batang
paku tidak tampak karena terdapat didalam tanah berupa rimpang.mungkin
menjalar atau sedikit tegak.
Daun : paku
memiliki daun yaitu daun yang berukuran kecil (mikrofil) , daun berukuran
besar (makrofil). Daun tumbuhan paku menghasilkan spora disebut sporofildan
yang tidak menghaasilkan spora disebut tropofil.
|
C2
|
25
|
5.
|
Sebutkan 3 golongan tumbuhan
paku berdasarkan macam sporanya
|
a.
paku homosprora
b.
paku heterospora
c.
paku peralihan.
|
C1
|
15
|
2.
Afektif
LEMBAR
OBSERVASI
Mata Pelajaran :Biologi
Kelas/
Semester : X
/
II
Sekolah
: SMA Negeri12 Padang
Petunjuk : Lembaran
observasi ini diisi oleh guru untuk menilai sikap siswa.
Berilah
penilaian/skor berdasarkan rubric penilaian sesuai sikap peserta didik
tersebut.
NO
|
ASPEK
|
SKOR
|
1
|
Bertanggung Jawab
|
4
: Anggota kelompok bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan, mengerjakan
tugas dan terlibat dalam diskusi.
|
3:
Anggota kelompok bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan, mengerjakan tugas dan tidak terlibat dalam diskusi.
|
||
2: Anggota kelompok yang bertanggung jawab terhadap tugas, tetapi tidak mengerjakan tugas dan
tidak terlibat dalam diskusi
|
||
1: Anggota kelompok tidak bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan dan tidak
mengerjakan tugas
|
||
2
|
Disiplin
|
4: Datang tepat waktu,melaksanakan diskusi
dan mengumpulkan laporan sesuai dengan yang diperintahkan guru..
|
3: Datang
tepat waktu,melaksanakan diskusi dan tidak mengumpulkan laporan sesuai dengan
yang diperintahkan guru..
|
||
2: Datang
tepat waktu, tidak melaksankan diskusi dan tidak mengumpulkan laporan sesuai
dengan yang diperintahkan guru..
|
||
1: Datang tidak tepat waktu, tidak
melaksankan diskusi dan tidak mengumpulkan laporan sesuai dengan yang
diperintahkan guru..
|
1.
Skala skor
1-4 sesuai dengan sikap perilaku
yang ditampilkan
No.
|
NamaSiswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
|||||||
Bertanggung
Jawab
|
Disiplin
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
NiaLionita
Sari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aditya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ayuni mardiyana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Novita Sari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Elsa Feronika
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Evelin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Hardianti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Mutia Wulandari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Neelam Pricellya L
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Yusli Zarni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Zani Atrisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Ramadhan Saputra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Reni Mustika
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
LusiDiamanda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Rika Ardiana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Sartika Sri Rezeki
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Riffa Rahyu Nengsih
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Willy febry
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Annisa Putri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Elfis Wahyuni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Anisa putri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Nur yanti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.Psikomotor
(hasil laporan)
Rumusan tugas membuat laporan :
1.
Lakukanlah pengamatan mengenai tumbuhan paku meliputi
ciri-ciri,struktur dan contoh tumbuhan paku.
2.
Tugas
dikumpulkan pada saat pertemuan selanjutnya
3.
Hasil
pengamatan dibuat dalam bentuk laporan.
4.
Laporan
dibuat di kertas double folio dengan mencantumkan nama, kelompok kelas, dan
topik.
5.
Laporan
dibuat perindiviu.
Rubrik Penilaian
NO
|
Aspek
|
Rubrik Penilaian
|
1
|
Kelengakapan
Isi Laporan
|
4:Jika didalam laporan mencantumkan ( nama, kelompok kelas, dan
topik), isi laporan ditulis secara
sistematis (topik pembahasan ditulis dengan cara berurutan), isi laporan
sesuai dengan tujuan pembelajaran, dan laporan mencantumkan literatur
terkait.
|
3:Jika didalam laporan mencantumkan ( nama, kelompok kelas, dan
topik), isi laporan ditulis secara
sistematis (topik pembahasan ditulis dengan cara berurutan), isi laporan
sesuai dengan tujuan pembelajaran, tetapi laporan tidak mencantumkan
literatur terkait.
|
||
2:Jika didalam laporan mencantumkan ( nama, kelompok kelas, dan
topik), isi laporan ditulis secara
sistematis (topik pembahasan ditulis dengan cara berurutan), tetapi isi
laporan sesuai dengan tujuan pembelajaran, dan laporan tidak mencantumkan literatur
terkait.
|
||
1:Jika didalam laporan mencantumkan ( nama, kelompok, kelas, dan topik),
tetapi isi laporan tidak ditulis
secara sistematis (topik pembahasan ditulis dengan cara berurutan), isi
laporan tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran, dan laporan tidak mencantumkan literatur
terkait.
|
||
2
|
Kerapian
dan Kebersihan Laporan.
|
4: Rapi, dapat dibaca, jelas dan tidak ada coretan.
|
3: Rapi,dapat dibaca, jelas dan
ada coretan
|
||
2: Rapi, dapat dibaca , tidak jelas dan ada
coretan.
|
||
1: Tidak rapi, tidak dapat dibaca dan ada coretan.
|
Lembaran
penilaian
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|||||||
Kelengkapan isi Laporan
|
Kerapian dan Kebersihan Laporan
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
||
1
|
Nia Lionita
Sari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Aditya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ayuni mardiyana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Novita Sari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Elsa Feronika
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Evelin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Hardianti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Mutia Wulandari
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Neelam Pricellya L
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Zani Atrisa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Willy Febry
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Ramadhan Saputra
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Reni Mustika
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
LusiDiamanda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Rika Ardiana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Sartika Sri Rezeki
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Riffa Rahyu Nengsih
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Yusli Zarni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Annisa Putri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Elfis Wahyuni
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Nur yanti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Anisa putri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Total Skor Maksimal
LAPORAN
|
|
PREDIKAT
|
RENTANG
NILAI
|
SangatBaik
(A)
|
86-100
|
Baik
(B)
|
71-85
|
Cukup
(C)
|
51-65
|
Kurang
(D)
|
≤50
|
Mengetahui Padang, April
2018
Kepala
SMA 12 Padang Guru Mata Pelajaran
(
Drs. Muhammad isya) (Yesi Nia Safarani Y)
Bagaimana struktur tumbuhan paku buk?
BalasHapus-RIFARA SUCI YULIKA
buk mau nanya, kenapa paku memiliki spora dan apa fungsi dari sporaa pada paku tersebut ?
BalasHapusBu safa, soleha mau bertanya. Apa saja yang membedakan antara struktur 3 jenis tumbuhan paku yaitu, paku sejati, paku rambut dan paku purba?
BalasHapusbuk, bagaimana perkembangbiakkan pada paku?
BalasHapusbagaimana cara menentukan spora pada tumbuhan paku buk
BalasHapushabitat tumbuhan paku dmana saja buk
BalasHapusAtas dasar apa tumbuhan paku diklasifikasikan menjadi 4 kelompok buk?
BalasHapusBuk mau tanya buk , kenapa tumbuhan paku digolongkan ke tumbuhan tingkat rendah buk?
BalasHapusBuk mau tanya, apa yg membedakan tumbuhan paku dengan tumbuhan lainnya??
BalasHapusBuk..mau nanya buk..apa kelebihan tumbuhan paku buk??
BalasHapusBuk cantik saya ingin bertanya
BalasHapusBagaimana kita dapat membedakan tumbuhan paku yang bisa dikonsumsi untuk membuat masakan dengan yang tidak bisa kita konsumsi tersebut buk
Buk cantik saya ingin bertanya
BalasHapusBagaimana kita dapat membedakan tumbuhan paku yang bisa dikonsumsi untuk membuat masakan dengan yang tidak bisa kita konsumsi tersebut buk
buk, apa perbedaan dari masing-masing kelompok tumbuhan paku tersebut buk?
BalasHapus-Nila Silvia
buk mau tanya buk, kan pada paku purba itu ada sebagian yg belum memiliki akar, apa saja contoh jenis dari paku purba yg belum memiliki akar buk ? -Reni Mustika
BalasHapusBaik, sintaks ibu. Baik sekali
BalasHapusDimateri ibu terdapat paku yg berspora dan tidak berspora, bagaimana cara perkembangbiakkan paku yg tidak berspora tersebut buk?
BalasHapusberapa macam cara paku untuk melakukan reproduksi paku
BalasHapusBuk, bagaimana cara filicinae (paku sejati) memperoleh makanan nya?
BalasHapusBuk, ananda mau bertanya buk berapa macam cara paku untuk melakukan reproduksi paku buk?
BalasHapusBuk..apa yang membedakan tumbuhan paku yang bisa dimakan sama yang tidak buk??
BalasHapusBuk zahria mau nanya gmna cara paku berkembangbiak buk?
BalasHapus